Penerapan Strategi Pembelajaran Kimia Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Julok

Habibah, 150208014 (2019) Penerapan Strategi Pembelajaran Kimia Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Julok. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Strategi Pembelajaran Kimia Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Julok]
Preview
Text (Penerapan Strategi Pembelajaran Kimia Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Julok)
Habibah, 150208014, FTK,PK, 083189682140.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan salah satu ilmu yang memunculkan fenomena yang abstrak. Pada umumnya pembelajaran kimia di sekolah hanya menekankan pada level makroskopik dan level simbolik dengan mengabaikan level submikroskopik. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran siswa cenderung lebih mampu menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan perhitungan (level simbolik), tanpa memahami konsep yang terdapat didalamnya (level submikroskopik). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui respon siswa SMA Negeri 1 Julok dengan menerapkan strategi pembelajaran kimia berdasarkan multi level reprsentasi pada materi larutan penyangga. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subyek penelitian kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Julok sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan klasikal sedangkan respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga setelah diterapkannya strategi pembelajaran multi level representasi secara klasikal tuntas dengan persentase siklus I yaitu 66,66% dan siklus II yaitu 83,33% dengan kriteria baik sekali. Respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran kimia berdasarkan multi level representasi pada materi larutan penyangga termasuk dalam kriteria sangat tertarik dengan persentase rata-rata 98,74%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurbayani, MA Pembimbing II : Hidayati Oktarina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Larutan Penyangga, dan Multi Level Representasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Habibah Habibah
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:28
Last Modified: 15 Jan 2020 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10794

Actions (login required)

View Item
View Item