Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar

Hamidi, 201223418 (2018) Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  IPA Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar)
Hamidi, 201223418, FTK, PGMI, 085360602044.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai. Salah satunya adalah Model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournamen ( TGT ) merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa bekerja secara kelompok dan bergantiaan menjelaskan materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) Untuk mengetahui aktifitas siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model kooperatif tipe TGT pada materi makanan sehat dan bergizi kelas IV semester Genap. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas IV MIN 27 Aceh Besar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 38 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), data yang dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa (3) Soal tes hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini mengunakan rumus presentase. Berdasarkan hasi analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,33% berada pada (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 82,96% (kategori baik sekali), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,85% berada pada (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 82,92% (kategori baik sekali), (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,78% katagori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 94,73% (katagori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 27 Aceh Besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd, Ph.D Pembimbing II : Raihan Permatasari, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Team Game Tournament
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hamidi -
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:48
Last Modified: 16 Jan 2020 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10800

Actions (login required)

View Item
View Item