Pemanfaatan Media Gambar Dengan Model Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 5 Aceh Besar

Akmalia Ridhwan, 140209078 (2019) Pemanfaatan Media Gambar Dengan Model Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pemanfaatan Media Gambar Dengan Model Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 5 Aceh Besar)
Akhmalia Ridhwan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah pemanfaatan media dan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif. Hal ini ternyata membuat siswa menjadi bosan dan kurang dapat menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar menjadi rendah. Salah satu alternatif media dan model pembelajan yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru serta siswa adalah dengan pemanfaatan media gambar dengan model pembelajaran the power of two. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam pemanfaatan media gambar dengan model the Power of Two pada pembelajaran Tematik kelas IV MIN 5 Aceh Besar, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pemanfaatan media gambar dengan model the Power of Two pada pembelajaran Tematik kelas IV MIN 5 Aceh Besar dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pemanfaatan media gambar dengan model the Power of Two pada pembelajaran Tematik kelas IV MIN 5 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 5 Aceh Besar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi untuk siswa, serta Post test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan dengan skor presentase. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh presentase 79,80 (Baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75 ( Baik sekali). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 79 (Baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92 (Baik sekali). Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I hanya 15 siswa yang tuntas dengan persentase 68 dan tidak tuntas 7 siswa dengan persentase 32, sedangkan pada siklus II Mengalami peningkatan yaitu 19 siswa mencapai ketuntaasan dengan presentase 86 dan 3 siswa tidak tuntas dengan presentase 14. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dengan model the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 5 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M.Pd Pembimbing II : Daniah, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model The Power of Two, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akmalia Ridhwan
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:26
Last Modified: 16 Jan 2020 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item
TOP