Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Misrawati, 140209043 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
Misrawati, 140209043, FTK, PGMI, 085260276104.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi penelitian siswa pada MIN 26 Aceh Besar terlihat rendah hasil belajar yang diperoleh oleh siswa, karena banyak siswa yang masih mengalami kesulitan belajar seperti, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung terutama tentang pemahaman teori dan konsep, siswa harus menghafalkan banyak materi yang ada, dalam proses belajar mengajar tidak ada kerja sama antara siswa di dalam setiap kelompok. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan dan cenderung bosan untuk belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah menggunakan model kooperatif tipe group investigation dengan media realia pada tema Makananku Sehat dan Bergizi. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui aktivitas guru. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe group investigation dengan media realia di kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar yang berjumlah 23 siswa. Teknik dan instrument penelitian ini adalah (1) lembar observasi aktivitas guru, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) tes hasi belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik dengan nilai (66,34%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (89,43%), dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai (66,34%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (88,46%) dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai (65,21%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (87%) dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperatif tipe Group Investigation dengan media realia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 26 Aceh Besar sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Irwandi, M.A Pembimbing II : Daniah, S.Si.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model koopearatif tipe Group Investigation dan Media Realia, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misrawati Misrawati
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:26
Last Modified: 16 Jan 2020 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10804

Actions (login required)

View Item
View Item