Hubungan Penyesuaian Perkawinan Dengan Keharmonisan Keluarga Pada Suami-Istri Yang Baru Menikah Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Asni, 150901035 (2019) Hubungan Penyesuaian Perkawinan Dengan Keharmonisan Keluarga Pada Suami-Istri Yang Baru Menikah Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Hubungan Penyesuaian Perkawinan Dengan Keharmonisan Keluarga Pada Suami-Istri Yang Baru Menikah Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)
Asni, 150901035, FIP, PSI, 082391300643.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap pasangan suami-istri mempunyai impian memiliki keluaga yang harmonis dan bahagia, namun pada kenyataannya di dalam membina keluarga, banyak pemasalahan yang di hadapi oleh pasangan suami-istri. Salah satu faktor yang mempengaruhi keharmonisan keluarga adalah penyesuaian perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian perkawinan dengan keharmonisan keluarga pada pasangan suami-istri yang baru menikah di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan Random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 338 orang dengan sampel 168 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua alat ukur psikologi yaitu skala penyesuaian perkawinan dan skala keharmonisan keluarga dan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara penyesuaian perkawinan dengan keharmonisan keluarga pada pasangan suami-istri yang baru menikah di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Dengan analisis berdasarkan uji Korelasi Pearson dan menunjukkan nilai r= 0,247 merupakan korelasi positif yang sangat signifikan, p=0,001 (p<0,05). Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara penyesuaian perkawinan dengan keharmonisan keluarga pada pasangan suami-istri yang baru menikah di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1.Jasmadi, S.Psi., Ma., 2. Rawdhah Binti Yasa, S.Psi., M.Psi.,
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Perkawinan, Keharmonisan Keluaga, Suami-istri yang Baru Menikah
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Keluarga)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Asni Asni
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:16
Last Modified: 17 Jan 2020 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item
TOP