Pembelajaran Materi Persamaan Kuadrat melalui Pendekatan Open-Ended di Kelas X MAN 3 Banda Aceh

Nazillah Rahmatillah, 261121472 (2016) Pembelajaran Materi Persamaan Kuadrat melalui Pendekatan Open-Ended di Kelas X MAN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang pembelajaran materi persamaan kuadrat.)
Nazillah Rahmatillah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Matematika juga merupakan ilmu yang berperan penting dalam menunjang kualitas kehidupan, sehingga dengan adanya ilmu matematika manusia bisa menghadapi kehidupan yang semakin komplek. Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan khususnya matematika saat ini adalah pelajaran matematika seringkali dirasakan sulit oleh sebagian siswa sehingga cenderung tidak disenangi, akibatnya siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Kesulitan tersebut diantaranya kesulitan dalam mengemukakan ide-ide dalam menyelesaikan masalah yang disebabkan karena proses pembelajaran yang teacher centered artinya proses pembelajaran masih terkesan guru yang lebih banyak mentransfer pengetahuan dari pikiran guru kedalam pikiran siswa, sehingga pada akhirnya siswa hanya cenderung mengahafal cara penulisan konsep tanpa harus dipahami cara penyelesaian konsep tersebut. Selain itu guru hanya menyampaikan materi saja dan jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali pemahaman sendiri terhadap materi yang baru saja dipelajari. Dan karena itu juga siswa malas dalam belajar, sehingga berdampak pada siswa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat hanya dengan menggunakan rumus atau hanya dengan satu cara saja. Masalah pembelajaran yang terkait dengan penyelesaian hanya dengan satu cara saja perlu diatasi. Jika hal ini dibiarkan, maka pada akhirnya akan membuat siswa kurang kreatif dan kurang dalam hal memunculkan ide-ide sehingga juga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang sistematis guna untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menerapkan suatu pendekatan yaitu pendekatan open-ended. Pendekatan open-ended merupakan suatu pendekatan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan dengan banyak cara dan jawaban, yang penyelesaiannya itu benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan pendekatan open-ended pada materi persamaan kuadrat di kelas X MAN 3 Banda Aceh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi-Eksperimen dengan control group pretest posttest design. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Banda Aceh yang berjumlah 143 siswa dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X_IIS-1 dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas X_IIS-2 dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Analisis data dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 21. Berdasarkan hasil dari uji-t dari hasil belajar siswa diperoleh nilai P Value 0,017 kurang dari 0,05, H_0 ditolak. Berarti hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan pendekatan open-ended pada materi persamaan kuadrat di kelas X MAN 3 Banda Aceh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Ikhsan, M.Pd; NIP. 196407221989131002; 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I., M.Ed; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 04:19
Last Modified: 06 Oct 2017 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item
TOP