Efektivitas Penyampaian Informasi tentang Syariat Islam terhadap Pemahaman Masyarakat (Studi di Gampong Binaan Lam Neuheun Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar)”

Vera Mauliza, 140401094 (2019) Efektivitas Penyampaian Informasi tentang Syariat Islam terhadap Pemahaman Masyarakat (Studi di Gampong Binaan Lam Neuheun Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar)”. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Penyampaian Informasi tentang Syariat Islam terhadap Pemahaman Masyarakat (Studi di Gampong Binaan Lam Neuheun Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar)”)
Vera Mauliza, 140401094, FDK, KPI, 085257961808.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Penyampaian Informasi tentang Syariat Islam terhadap Pemahaman Masyarakat (Studi di Gampong Binaan Lam Neuheun Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar)”. Adapun pembahasan skripsi ini ditujukan untuk mengupas beberapa permasalahan pokok yang menjadi tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu: untuk mengetahui apa saja informasi-informasi yang disampaikan tentang syariat islam terhadap pemahaman masyarakat di gampong Lam Neuheun Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, untuk mengetahui metode penyampaian informasi-informasi tentang syariat Islam untuk menimbulkan pemahaman terhadap masyarakat di gampong Lam Neuheun Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui informasi-informasi yang disampaikan dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis yaitu suatu penelitian dengan mengumpul data di lapangan dan menganalisis serta menarik kesimpulan dari data tersebut. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yaitu masyarakat desa gampong binaan fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keefektifan atau keberhasilan penyampaian informasi tentang syariat Islam terhadap pemahaman masyarakat digampong binaan ini dapat dikatakan efektif. Hal ini disebabkan oleh pertama karena da’i atau penceramah sudah berpengalaman menyampaikan informasi syariat Islam, dan didukung oleh mad’u/ masyarakat, contohnya mad’u yang memahami apa yang disampaikan penceramah tentang informasi syariat Islam, kedua adalah materi dakwah yang diajarkan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga masyarakat mudah memahami apa yang diajarkan penceramah, ketiga sarana dan prasarana yang kurang memadai, maka feed back kepada masyarakat menjadi tidak maksimal. Jadi tingkat efektifitas atau keberhasilan penyampaian informasi tentang syariat Islam terhadap pemahaman masyarakat digampong binaan efektif, karena antara pendukung dan penghambat, lebih besar pendukung daripada penghambatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zainuddin T, M. Si 2. Asmaunizar, S. Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Informasi Syariat Islam dan Pemahaman Masyarakat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vera Mauliza
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:00
Last Modified: 19 Feb 2020 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item
TOP