Representasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Problem Solving

Nikmal Maula, 140205154 (2019) Representasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Problem Solving. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Representasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Problem Solving)
Nikmal Maula, 140205154, FTK, PMA, 082274551105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Representasi matematis merupakan salah satu aspek yang perlu ditekankan oleh guru dalam pembelajaran matematika. Namun berdasarkan observasi awal, pembelajaran matematika masih belum maksimal, mengakibatkan kemampuan representasi matematis siswa masih sulit berkembang. Oleh karena itu, penerapan model yang didesain dengan pendekatan pembelajaran yang tepat diyakini dapat memaksimalkan kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu cara guru untuk mengembangkan representasi matematis dapat dilakukan dengan penerapan model Discovery Learning berbasis pendekatan Problem Solving. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbasis pendekatan Problem Solving. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang desain penelitiannya adalah Pre-Experiment dengan jenis one-group pre-test-post-test. Untuk mendapatkan data diambil sampel menggunakan teknik random sampling pada satu dari tujuh kelas yaitu siswa kelas VIII-E dari populasi siswa di MTsN 3 Pidie. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pre-test dan post-test, yang terdiri dari 3 soal uraian representasi matematis tentang materi teorema Pythagoras. Berdasarkan data yang diperoleh dari pre-test dan post-test digunakan uji t paired untuk melihat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbasis pendekatan Problem Solving. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa〖 t〗_hitung= 8,26. Sementara itu, pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 24 diperoleh t_hitung = 1,71. Oleh karena t_hitung > t_tabel yaitu 8,26 > 1,71 berakibat terjadinya penolakan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbasis pendekatan Problem Solving di kelas VIII MTsN 3 Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Anwar, M.Pd Pembimbing II : Susanti, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Representasi Matematis, Model Discovery Learning, Pendekatan Problem Solving
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nikmal Maula
Date Deposited: 17 Jan 2020 09:51
Last Modified: 17 Jan 2020 09:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10815

Actions (login required)

View Item View Item
TOP