Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP

Mirna ZK, 150205104 (2019) Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP)
Mirna ZK, 150205104, FTK, PMA, 085261292730.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang dituntut oleh NCTM maupun kurikulum pendidikan matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukan oleh hasil tes awal yang dilakukan di SMP Negeri 2 Pantee Bidari menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa masih rendah. Selain itu hasil PISA dan TIMSS menunjukan bahwa secara internasional prestasi siswa dalam memecahkan masalah juga masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu model Missouri Mathematics Project (MMP) pada langkahnya terdapat lembar proyek yang telah disusun oleh guru secara sistematis untuk mengatasi pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan kemampuan model Missouri Mathematics Project (MMP) dan konvensional dalam menyelesaikan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Pantee Bidari. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, berdasarkan uji t diperoleh thitung = 7,22 dan ttabel = 1,68, maka thitung > ttabel, hal ini berarti tolak H0 dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dari pada model konvensional dalam memecahkan masalah pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Ir. Johan Yunus, S.E., M. Si Pemimbing II : Khusnul Safrina, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Missouri, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mirna ZK
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:36
Last Modified: 21 Jan 2020 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item
View Item