Kemampuan Sosial Anak Autis Pada Kelas Inklusi Dalam Mengatasi Kesulitan Bersosialisasi Di SD Negeri 1 Banda Aceh

Putri Balqis, 150213001 (2019) Kemampuan Sosial Anak Autis Pada Kelas Inklusi Dalam Mengatasi Kesulitan Bersosialisasi Di SD Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Sosial Anak Autis Pada Kelas Inklusi Dalam Mengatasi Kesulitan Bersosialisasi Di SD Negeri 1 Banda Aceh]
Preview
Text (Kemampuan Sosial Anak Autis Pada Kelas Inklusi Dalam Mengatasi Kesulitan Bersosialisasi Di SD Negeri 1 Banda Aceh)
Putri Balqis, 150213001, FTK, BKI, 082304169665.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak autis merupakan Anak yang mengalami gangguan akan kemampuan sosial sehingga sulit bersosialisasi. Agar aktivitas Sosial pada anak autis meningkat melalui kelas inklusi diberikan upaya untuk mengatasi kesulitan bersosialisasi anak autis dengan belajar bersama dalam ruang lingkup anak-anak normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai kemampuan sosial yang dimiliki anak autis, serta mengetahui upaya guru mengatasi kesulitan bersosialisasi anak autis di SD Negeri 1 Banda sebagai sekolah yang memiliki kelas inklusi. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas V dengan gangguan Autistik. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan teknik triangulasi. Pengumpulan data dari berbagai sumber sehingga meningkatkan pemahaman peneliti terhadap kemampuan sosialisasi anak autis pada kelas inklusi dalam mengatasi kesulitan bersosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan sosial yang dimiliki oleh SN sudah mulai meningkat selama SN bersekolah di SD Negeri 1 Banda Aceh pada kelas inklusi. SN sudah mampu memperlihatkan keinginannya untuk bergabung bersama teman sebayanya walaupun hanya dengan sebatas interaksi sosial melaui bahasa tubuh. Dari segi kemampuan Lifeskills SN juga mulai meningkat, SN sudah mampu untuk menirukan (Imitasi) kebiasaan-kebiasaan temanya dilingkungan sosial. Hal ini disebabkan dengan adanya upaya mengatasi kesulitan bersoisalisasi pada kelas inklusi yang diterapkan di SD Negeri 1 Banda Aceh melalui meode Sosialisasi reduksi tidak wajar dengan aspek a.) Empati Sosial di lingkungan terhadap anak autis, b.) Pemberian stimulus agar anak autis merespon, dan c.) Menerapkan kemampuan Lifeskills melalui Imitasi (meniru).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. H. Warul Walidin Ak, M.A Pembimbing II : Wanty Khaira S. Ag, M. Ed.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sosial, Anak Autis, Kelas Inklusi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Putri Balqis
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:21
Last Modified: 21 Jan 2020 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10834

Actions (login required)

View Item
View Item