Penelitian Ini Membahas Tentang Dampak Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Positif Dan Negatif Di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya

Ruslan, 411307063 (2019) Penelitian Ini Membahas Tentang Dampak Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Positif Dan Negatif Di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Dampak Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Positif Dan Negatif Di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya)
Ruslan, 411307063, FDK, KPI, 085360319151.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Dampak Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Positif Dan Negatif Di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. adapun yang menjadi latar belakang masalah Penyebaran informasi terkadang sudah menyimpang dengan ketentuan hukum dan adat bahkan melanggar aturan agama. Misalnya anak muda memposting foto bergan dengan tangan dengan pasangan yang bukan mahramnya, selain itu ada pula sikap sebagian anak muda menyebarkan informasi yang alai seperti foto-foto narsis yang kadang-kadang sifatnya ria ingin menunjukkan kelebihan yang Ia miliki, atau mempublis kebaikan yang ia lakukan, misalnya memposting pakaian atau kendaraan yang mewah, selfi di tempat pengajian atau tempat dakwah dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui dampak media sosial terhadap masyarakat di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya (2). Untuk mengetahui dampak positif-negatif penyebaran informasi melalui media sosial pada masyarakat di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1). Masyarakat Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, masih menyebarkan informasi baik positif maupun negatif melalui media sosial whatsapp, instagram dan facebook, namun sebagian besar masyarakat Teunom masih menyebarkan informasi yang positif melalui media sosial, hal ini di karenakan masyarakat ingin menjaga image. (2). Dampak media sosial pada masyarakat dalam penyebaran informasi positif-negatif di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, berupa adanya informasi dari sebahagian dari masyarakat yang besifat positif dan negatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi yang disebarkan sangat tergantung pada informasi yang didapatkan. Karena masyarakat Teunom merepresentasikan apa yang didapatkan dari media sosial, jika informasi yang didapatkan baik, maka akan baik pula yang disebarkan begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Baharuddin AR, M.Si 2. Asmaunizar, S.Ag,M. Ag
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurul Hayat Nurul
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:10
Last Modified: 21 Jan 2020 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10835

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP