Hubungan Social Support Dengan Subjective Well-Being Pada Siswa Penyandang Disabilitas Di Banda Aceh

Fatma Sepita Syarah, 150901001 (2019) Hubungan Social Support Dengan Subjective Well-Being Pada Siswa Penyandang Disabilitas Di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Social Support Dengan Subjective Well-Being Pada Siswa Penyandang Disabilitas Di Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Social Support Dengan Subjective Well-Being Pada Siswa Penyandang Disabilitas Di Banda Aceh)
Fatma Sepita Syarah, 150901001, PSI, PSI, 085338185400.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap individu memiliki keinginan untuk lahir dengan kondisi fisik yang sempurna tetapi berbeda dengan individu yang terlahir dengan keterbatasan fisik maupun mental disebut dengan penyandang disabilitas. Kondisi yang diderita oleh penyandang disabilitas menyebabkan mereka sulit beraktivitas dan mendapatkan stigma negatif dari lingkungannya. Hal ini dapat menimbulkan kurangnya subjective well-being siswa penyandang disabilitas. Salah satu faktor yang berpotensi mempengaruhi subjective well-being seseorang adalah social support. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Social Support dengan Subjective Well-Being pada Siswa Penyandang Disabilitas di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang. Adapun karakteristik sampel penelitian ini adalah penyandang disabilitas laki-laki/perempuan, tidak mengalami retardasi mental dan cacat ganda, sedang menempuh pendidikan di SLB, dan bersedia menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Skala Social Support dan Skala Subjective Well-Being. Analisis data menggunakan korelasi Pearson product moment menunjukkan r = 0,664 p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara social support dengan subjective well-being pada siswa penyandang disabilitas di Banda Aceh, semakin tinggi social support maka semakin tinggi subjective well-being pada siswa penyandang disabilitas di Banda Aceh. Penelitian ini berkontribusi besar di bidang psikologi keluarga, psikologi pendidikan, psikologi kepribadian, psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi sosial dan psikologi positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Julianto, S.Ag., M.Si 2. Ida Fitria, S.psi., M.Sc
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Fatma Sepita Syarah
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:11
Last Modified: 21 Jan 2020 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10837

Actions (login required)

View Item
View Item