Melatih Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Tata Nama Senyawa Dengan Menggunakan Media Kartu Domino Di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat

Nurvita Agustin Alda, 140208042 (2019) Melatih Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Tata Nama Senyawa Dengan Menggunakan Media Kartu Domino Di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Melatih Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Tata Nama Senyawa Dengan Menggunakan Media Kartu Domino Di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat]
Preview
Text (Melatih Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Tata Nama Senyawa Dengan Menggunakan Media Kartu Domino Di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat)
Nurvita Agustin Alda, 140208042, FTK, PKM, 085359418442 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat, diketahui dalam kegiatan belajar mengajar selama ini, seorang guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, belum menggunakan media kartu domino. Dalam proses belajar mengajar siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat, serta respon soswa terhadap media kartu domino. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 dengan jumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes berupa soal berbentuk pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data berupa, uji normalitas, uji-t dan persentase. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka diperoleh thitung = 4,31. Selanjutnya untuk membandingkan dengan ttabel maka perlu terlebih dahulu dihitung nilai derajat kebebasan dk = (n-1) (25-1) = 24.Harga ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, taraf kepercayaan 0,95 dan derajat kebebasan (dk) = 24 dari tabel distribusi frekuensi diperoleh t (0,95) (24) = 1,710. Karena hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,31 dan ttabel = 1,710 maka thitung> ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat hasil belajar siswa dengan menggunakan media kartu domino pada materi tata nama senyawa di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu domino memberikan pengaruh hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat. Respon siswa terhadap penggunaan media kartu domino pada materi tata nama senyawa di SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat memperoleh jumlah persentase 97.69 % memilih untuk jawaban “YA” dan masuk dalam katagori sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hilmi, M.Ed Pembimbing II : Mukhlis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kartu Domino, Hasil Belajar Siswa, Tata Nama Senyawa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurvita Agustin Alda
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:09
Last Modified: 21 Jan 2020 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10838

Actions (login required)

View Item
View Item