Konsistensi Penggunaan Bahasa Jurnalistik Dalam Penyampaian Berita Pada Harian Serambi Indonesia (Analisis Pada Rubrik Kutaraja)

Adi Novanta, 411206549 (2019) Konsistensi Penggunaan Bahasa Jurnalistik Dalam Penyampaian Berita Pada Harian Serambi Indonesia (Analisis Pada Rubrik Kutaraja). Skripsi thesis, Komunikasi dan Penyiaran Islam.

[img]
Preview
Text (Tentang Bahasa Jurnalistik)
Adi Novanta, 411206549, FDK, KPI, 085276413989.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana konsistensi penggunaan bahasa jurnalistik dalam setiap berita yang di tulis harian serambi Indonesia terutamanya pada rubrik kutaraja. Dengan judul, “Konsistensi Penggunaan Bahasa Jurnalistik Dalam Penyampaian Berita pada Harian Serambi Indonesia (Analisis pada rubrik kutaraja).” Penelitian bertujuan untuk memaparkan proses penerapan dan konsistensi penggunaan bahasa Indonesia ragam jurnalistik, juga untuk menegtahui bagaimana setiap Wartawan di beri pemahaman yang maksimal oleh tim redaksi dalam setiap pembuatan berita. Pengumpulan data di lakukan dengan 3 langkah, yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan ( conclusion drawing and verification). Adapun informan dalam penelitian ini, tim redaksi, redaktur pelaksana, dan wartawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan cara mengumpulkan sumber primer dan sekunder, sementara teknik analisa data menggunakan metode analisis konten (content analisis). Sistematika penulisan skripsi ini terdiri atas Pendahuluan, Landasan Teoretis, Metodologi Peneltian, Hasil Penelitian, dan Kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harian serambi Indonesia terkhusus pada rubrik kutaraja, ternyata tidak satu pun dari berita harian tersebut yang menyimpangi kaidah bahasa Indonesia ragam jurnalistik. Hal ini menunjukkan konsisten dan seriusnya jajaran redaksi harian serambi Indonesia menerapkan aspek bahasa jurnalistik

Kata Kunci: Jurnalistik, Bahasa Jurnalistik, Bahasa Indonesia, Serambi Indonesia, Rubrik Kutaraja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 499.221 Indonesian/Bahasa Indonesia
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Adi Novanta
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:47
Last Modified: 22 Jan 2020 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item
TOP