Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan

Rahmi, 140204024 (2019) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Contextual Teaching  and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri  1 Kota Bahagia Aceh Selatan]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan)
Rahmi, 140204024, FTK, PFS, 085370245718.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah, disebabkan proses pembelajaran hanya berorientasi pada buku, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dalam memahami kemudian sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen, sedangkan desainnya adalah Quasi Experimen non Equivalen dengan jenis Control Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Bahagia Aceh selatan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposif sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA dengan jumlah 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA dengan jumlah 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Leaming lebih meningkat dengan rata-rata 80 dari hasil belajar peserta didik dengan cara konvensional degan rata-rata 67,61 pada materi besaran dan satuan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ' '% yaitu
9,91> 1,66. Sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada konsep besaran dan satuan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : M. Chalis, M.Ag Rusydi, ST, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahmi Rahmi
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:54
Last Modified: 22 Jan 2020 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item
View Item