Hubungan Empati Dengan Pemaafan Pada Wanita Yang Bercerai Di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh

Rita Muliyani, 150901137 (2020) Hubungan Empati Dengan Pemaafan Pada Wanita Yang Bercerai Di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Hubungan Empati Dengan Pemaafan Pada Wanita Yang Bercerai Di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh)
Rita Muliyani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Individu yang mengalami rasa luka dan sakit hati akan mengalami kesulitan untuk memaafkan dan menjalin hubungan yang baik kembali dengan pelaku yang telah menyakitinya, salah satu faktor yang mempengaruhi individu untuk memberikan maaf adalah empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dengan pemaafan pada wanita yang bercerai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 172 orang. Pengumpulan data menggunakan skala empati dan skala pemaafan dengan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi pearson dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara empati dengan pemaafan pada wanita yang bercerai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh dengan nilai r=0,315 dan p=0,000 (p < 0,05) dan sumbangan relatif empati terhadap pemaafan sejumlah 9,9%. Hal ini mengidentifikasikan bahwa semakin tinggi empati maka tinggi pula pemaafan, sebaliknya semakin rendah empati maka rendah pula pemaafan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : Dr.Safrilsyah, S.Ag., M.Si Karjuniwati, S.Psi., M.Psi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rita Muliyani
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:03
Last Modified: 22 Jan 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item View Item
TOP