Keterampilan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 3 Bireuen

Dewi Safrina, 150207037 (2019) Keterampilan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 3 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keterampilan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 3 Bireuen]
Preview
Text (Keterampilan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 3 Bireuen)
Dewi Safrina, 150207037, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ketika proses pembelajaran terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan, sebagian besar siswa jarang mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat, jika ada pertanyaan masih tentang istilah-istilah yang belum dipahaminya, demikian juga dengan jawaban yang diberikan masih terfokus pada buku. Hal ini disebabkan masih kurangnya kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan dan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem ekskresi di kelas VIII B di MTsN 3 Bireuen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Bireuen yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 128 siswa dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII B sebanyak 27 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat keterampilan berpikir kreatif siswa dan menggunakan test untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) tergolong kreatif denga rata-rata persentase 71,67%. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung= 5,360 dan ttabel= 1,706 dengan derajat bebas (db) yaitu 26 pada taraf signifikan α= 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitung > t tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model PjBL tergolong kreatif dan hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbinga: 1. Eva Nauli Taib, M. Pd 2. Muslich Hidayat, M. Si
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif, Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Sistem Ekskresi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dewi Safrina
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:32
Last Modified: 22 Jan 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10845

Actions (login required)

View Item
View Item