Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh

Veroza Riana Sakti, 140207122 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Think Pair Share (TPS)  Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh)
Veroza Riana Sakti, 140207122, FTK, PBL, 082272070813.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di MTsN 4 Banda Aceh sudah berjalan dengan baik, namun model pembelajaran yang diterapkan selama proses belajar belum bervariasi sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Think Pair Share (TPS) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode true-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel kelas VIII4 dan kelas VIII5 dengan jumlah masing- masing kelas VIII4 29 siswa dan kelas VIII5 30 siswa. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan soal tes. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I yaitu 74,86% (Aktif) dan pertemuan ke II yaitu 90,92% (Sangat Aktif) sedangkan nilai persentase aktivitas belajar di kelas kontrol pada pertemuan I yaitu 72,63% (Aktif) dan pertemuan ke II yaitu 75,78% (Aktif). Data hasil belajar post-test kelas eksperimen yaitu 85,13 sedangkan data hasil post-test kelas kontrol yaitu 34 terlihat dimana thitung > ttabel yaitu 6,1 > 1,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Thik Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dra. Aisyah Idris, M.Ag 2. Elita Agustina, M.si
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share (TPS), Aktivitas belajar, Hasil belajar, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Veroza Riana Sakti
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:41
Last Modified: 22 Jan 2020 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item
View Item