Pengaruh Pemanfaatan Internet tentang Situs Keagamaan terhadap Prestasi Belajar pendidikan Agama Islam Siswa

Rizki Maulana, 150201025 (2019) Pengaruh Pemanfaatan Internet tentang Situs Keagamaan terhadap Prestasi Belajar pendidikan Agama Islam Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pemanfaatan Internet tentang Situs Keagamaan terhadap Prestasi Belajar pendidikan Agama Islam Siswa)
Rizki Maulana, 150201025, FTK, PAI, 085260081388.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Situs keagamaan adalah situs – situs web yang berisi materi pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa. Prestasi belajar pendidikan agama Islam adalah hasil belajar yang diraih oleh siswa setelah mengikuti proses belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Situs keagamaan dapat diakses untuk mencari informasi yang tidak ada di buku paket atau untuk menambah wawasan siswa sehingga membantu mereka dalam belajar. Namun dalam pelaksanaannya di sekolah masih banyak guru yang hanya berpedoman kepada buku paket dalam belajar dan belum memanfaatkan situs keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet tentang situs keagamaan (X) terhadap prestasi belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam (Y) siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data untuk variabel pemanfaatan situs keagamaan menggunakan koesioner, sedangkan untuk variabel prestasi belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan nilai tes semester gasal pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa r hitung ≤ r tabel yaitu - 0,238 berada di bawah taraf signifikan 5% sebesar 0.388 dan di bawah taraf signifikan 1% sebesar 0.496, maka hipotesis Ho diterima, berarti yang penulis ajukan Ha tidak dapat diterima. Artinya bahwa dalam hal ini menunjukkan tidak adanya korelasi yang positif tentang tingkat pemanfaatan situs keagamaan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kela XI SMA Swasta Laboratorium School tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mujiburrahman, M.Ag Pembimbing 2 : Ziaurrahman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet; Situs Keagamaan; Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Maulana
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:54
Last Modified: 22 Jan 2020 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10847

Actions (login required)

View Item View Item
TOP