Penggunaan Media Dakon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh

Nofita Silfiana, 150209062 (2019) Penggunaan Media Dakon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Dakon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh]
Preview
Text (Penggunaan Media Dakon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh)
Nofita Silfiana, 150209062, FTK, PGMI, 082273728679.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika sering ditemukan kendala-kendala dalam proses pembelajaran di mana siswa banyak yang tidak tertarik dan tidak termotivasi untuk belajar. Karena menganggap pelajaran matematika sulit untuk dipahami sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Kesulitan memahami pelajaran terjadi berkaitan dengan cara penyampaian materi yang kurang menarik membuat siswa bosan sehingga siswa enggan untuk mendengarkan penjelasan guru. Karena saat pembelajaran guru tidak menyediakan media pembelajaran. Penggunaan media dakon menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan media dakon kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media dakon kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan media dakon kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 37 orang siswa dengan KKM individual 75 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 65%, meningkat pada siklus II yaitu 79%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 93%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 64%, meningkat pada siklus II yaitu 76%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 89%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu yaitu 62%, meningkat pada siklus II yaitu 78%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 91%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media dakon dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sangat baik diterapkan di MIS Lamgugob Banda Aceh karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nida Jarmita, M. Pd Pembimbing II : Zikra Hayati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Dakon dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nofita Silfiana
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:06
Last Modified: 24 Jan 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item
View Item