Peran Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Museum Aceh Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung

Syarief Hidayatullah, 431307312 (2019) Peran Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Museum Aceh Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peran Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Museum Aceh Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung)
Syarief Hidayatullah, 431307312, FDK, MD, 082197790052-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Museum Aceh Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung”. Museum Aceh merupakan saran yang digunakan dalam perkembangan budaya dan peradaban masyarakat Aceh. Museum Aceh dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum Aceh. Museum Aceh yang seharusnya menjadi sumber informasi di bidang pendidikan, budaya dan rekreasi, namun kesan sebagai tempat penyimpanan benda-benda kuno menyebabkan Museum Aceh hanya sebagai tempat yang dianggap kurang penting oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peran Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum Aceh dalam meningkatkan minat pengunjung. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode Field research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengobservasi langsung ke Museum Aceh sehingga data yang diproleh lebih akurat dan objektif. Informan dalam penelitian ini adalah pihak pengelola Museum Aceh yaitu Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Sistim Pengelolaan Museum Aceh dibedakan menjadi beberapa bagian kegiatan, yaitu pengelolaan yang bersifat administratif atau ketatausahaan, pengelolaan teknis yang menangani koleksi museum dan pengelolaan perpustakaan museum. 2) Program yang dilakukan oleh UPTD Museum Aceh dalam meningkatkan minat pengunjung adalah sebagai berikut: a) Meningkatkan Kerjasama, Program ini dilakukan dapat mempermudah UPTD Museum Aceh dalam melaksanakan tugasnya bertujuan untuk menunjang, membantu perkembangan mutu dan kapasitas Museum Aceh. b) Meningkatakan Sosialisasi, Sosialisasi ini dilaksanakan UPTD Museum Aceh untuk memperkenalkan Museum Aceh kepada masyarakat luas. c) Meningkatkan Fasilitas, bertujuan untuk menunjang kenyaman pengguna museum baik sebagai pengelola yaitu UPTD Museum Aceh maupun sebagai pengunjung yaitu masyarakat. 3) Hambatan yang dihadapi UPTD Museum Aceh dalam meningkatkan minat pengunjung adalah keterbatasannya anggaran dan tenaga sehingga sering kali program dan kegiatan yang dilaksanakan mendapatkan hasil yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Jailani, M. Si. 2. Bapak Fakhruddin, SE. MM.
Uncontrolled Keywords: Peran UPTD Museum Aceh dan Minat Pengunjung
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.5 Perpustakaan Pemerintah
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Syarief Hidayatullah 431307312
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:06
Last Modified: 24 Jan 2020 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item
TOP