Efektivitas Pendampingan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Provinsi Aceh Dalam Penanganan Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) (Studi di Gampong Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar)

Abdariyani Lingga, 140404070 (2019) Efektivitas Pendampingan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Provinsi Aceh Dalam Penanganan Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) (Studi di Gampong Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Pendampingan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P2tp2a) Provinsi Aceh Dalam Penanganan Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Kdrt) (Studi di Gampong Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar))
Abdariyani Lingga.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

P2TP2A Rumoh Putroe Aceh merupakan sebuah lembaga yang berperan dalam menyelesaikan berbagai kasus ketimpangan sosial di masyarakat, salah satunya ialah kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Oleh karena itu kajian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendampingan yang dilakukan oleh P2TP2A dalam penanganan Kasus KDRT di Gampong Neuheun, dampak positif pendampingan yang diberikan oleh P2TP2A terhadap korban kasus KDRT di Gampong Neuheun dan kendala yang dihadapi oleh P2TP2A dalam penanganan KDRT di Gampong Neuheun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pihak P2TP2A, para korban dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: proses pendampingan yang dilakukan oleh P2TP2A dalam penanganan Kasus KDRT di Gampong Neuheun diawali dengan adanya laporan pihak korban, selanjutnya pihak P2TP2A memberikan pendampingan secara khusus kepada korban. Pendampingan ini melibatkan beberapa pihak dari P2TP2A seperti konselor, alvokad, paralegal dan ibu asuh yang merupakan bagian dari P2TP2A. Tidak hanya pihak P2TP2A proses penyelesaian KDRT di Gampong Neuheun juga melibatkan para perangkat desa dan bahkan pihak kepolisian serta mahkamah syari’ah atau pihak pengadilan. Pendampingan P2TP2A Korban KDRT di Gampong Neuheun telah memberikan dampak positif terutama bagi ibu-ibu dan anak karena dengan adanya pendampingan oleh P2TP2A pelaku dapat terbebaskan dari penderitaan yang dialaminya. Tidak hanya itu para korban bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baru dan baik dengan anak dan keluarganya. kembalinya hak-hak azasi manusia terutama hak-hak anak yang terputus akibat perilaku KDRT dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kendala P2TP2A dalam Penanganan KDRT di Gampong Neuheun adalah masih banyak para korban yang kurang keterbukaan dalam memberikan informasi karena mereka takut terhadap pelaku, sehingga dalam menjalankan proses penanganan terkadang memakan waktu yang lama. Selain kendala yang bersumber dari para korban kasus KDRT, hambatan juga sering muncul dari dalam lembaga P2TP2A Rumoh Putroe Aceh seperti kurangnya terjalalin kerja sama sesama konselor sehingga antara konselor yang satu dengan yang lainnya kurang berbagi pengalaman yang dihadapi di lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Rasyidah, M. Ag 2. Mirza Fanzikri S.Sos.i., M.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendampingan, P2TP2A, KDRT, Gampong Neuheun.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Abdariyani Lingga
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:09
Last Modified: 24 Jan 2020 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item
TOP