Pemahaman Ayat–ayat Toleransi Beragama pada Masyarakat Muslim Amphur Be–Tong, Thailand.

Mr. Makarueni Libula, 341303434 (2019) Pemahaman Ayat–ayat Toleransi Beragama pada Masyarakat Muslim Amphur Be–Tong, Thailand. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahasa tentang Toleransi]
Preview
Text (Membahasa tentang Toleransi)
Mr. Makarueni Libula, 341303434, (2020)..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kajian ini memaparkan tentang pemahaman ayat–ayat toleransi beragama pada masyarakat muslim Amphur Be–Tong, Thailand. Al-Qur’an dan hadis telah mengatur tentang konsep toleransi beragama dalam konteks sosial (habl min al-Nass), tetapi dalam masyarakat muslim Amphur Be-Tong, Thailand praktek toleransi sepertinya juga terjadi dalam hal ibadah dan aqidah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pemahaman tokoh agama Islam, Budha dan Konghuchu Amphur Be-Tong, Thailand tentang toleransi beragama, serta untuk mengetahui pemahaman masyarakat muslim Muban Sainamthip Amphur. Be-Tong, Thailand terhadap ayat-ayat al-Qur’an tentang toleransi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi (mix method) dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian didapatkan melalui wawancara dan penyebaran angket mengenai objek yang dibahas. Data kuantitatif dianalisis menggunakan aplikasi Statistic Package for the Social Sciences (SPSS), sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berpandukan pada teori Huberman. Hasil penelitian mendapati bahwa bertoleransi dalam Islam hanya dibolehkan dalam konteks sosial (habl min al-Nass), tetapi tidak dalam konteks ibadah dan aqidah. Tokoh agama Islam menyatakan bahwa bertoleransi dalam Islam dibolehkan selama tidak terkait perkara-perkara ibadah dan aqidah. Sedangkan sebaliknya menurut tokoh agama Budha (Cao A Wad) dan tokoh agama Konghuchu (San/Cao A wad) bertoleransi dan berinteraksi antar agama dibolehkan termasuk dalam hal ibadah dan aqidah. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa secara keseluruhan tahap persepsi, tahap pemahaman dan tahap sikap masyarakat muslim Muban Sainamthip Amphur. Be-Tong, Thailand semuanya berada pada tahap sedang/sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Agama, SoSial
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mr Makarueni Libula
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:23
Last Modified: 24 Jan 2020 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item
View Item