Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Video Animasi di MAS Daruzzahidin Aceh Besar

Azkia Putri Maulida, 150207003 (2019) Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Video Animasi di MAS Daruzzahidin Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Video Animasi di MAS Daruzzahidin Aceh Besar]
Preview
Text (Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Video Animasi di MAS Daruzzahidin Aceh Besar)
Azkia Putri Maulida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Padatnya kegiatan siswa MAS Daruzzahidin di asrama berdampak pada rendahnya aktivitas belajar siswa yang turut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh banyak komponen yang saling berintegrasi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa MAS Daruzzahidin pada materi sel melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan video animasi. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAS Daruzzahidin yang terdiri atas 1 kelas dengan 22 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi menggunakan lembar observasi dan tes menggunakan soal pretest dan posttest. Data aktivitas belajar siswa dianalisis menggunakan rumus persentase, data hasil belajar siswa menggunakan rumus N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata persentase 65,9% pada pertemuan I dan 81% pada pertemuan II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain 0,70 dalam kategori tinggi dimana nilai thitung>ttabel (thitung = 18,364 dan ttabel = 1,72913) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St 2. Mulyadi, S.Pd,I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Video Animasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sel.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Azkia Putri Maulida
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:20
Last Modified: 24 Jan 2020 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item
View Item