Implementasi Ukhuwah Oleh Kader Lembaga Dakwah Kampus Berdasarkan Al-Qur’an (Studi Penelitian LDK Ar-Risalah UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Fuad Ramadhan, 150303057 (2019) Implementasi Ukhuwah Oleh Kader Lembaga Dakwah Kampus Berdasarkan Al-Qur’an (Studi Penelitian LDK Ar-Risalah UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Implementasi Ukhuwah Oleh Kader Lembaga Dakwah Kampus Berdasarkan Al-Qur’an (Studi Penelitian LDK Ar-Risalah UIN Ar-Raniry Banda Aceh))
Fuad Ramadhan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga Dakwah Kampus merupakan sebuah tempat para aktivis dakwah mahasiswa yang memiliki keinginan dan komitmen terhadap dakwah yang modren. Organisasi ini memfokuskan kepada teori manajemen, yang berarti mengurus, membimbing. Para kader ditanamkan ilmu tentang keislaman terutama adalah ukhuwah insaniyah yang kokoh biasanya dicontohkan oleh manusia yang hidup di lingkungan bermasyarakat, berbudaya, beragama, berorganisasi, dan lainnya.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan meneliti ukhuwah yang ditawarkan dan diterapkan oleh LDK Ar-Risalah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sehingga bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik oleh kader itu sendiri atau pun masyarakat luas.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang berbasis data-data lapangan terkait subjek yang diteliti yaitu para kader Lembaga Dakwah Kampus. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas, maka dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif-deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwasanya ukhuwah insaniyah (Persaudaraan) yang dibangun yang di bangun oleh LDK Ar-Risalah ini sudah sesuai dan mengikuti nilai-nilai ukhuwah insaniyah yang di ajarkan oleh al-Quran serta menjadikan kader-kader lebih erat lagi dalam menjalin hubungan sesama muslim. Hal ini bisa dilihat dari apabila salah seorang dari kader ini mengalami kesusahan maka kader yang lainnya dituntut untuk menolong dan membantunya sesuai dengan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Fauzi Saleh S.Ag, Lc, M.A Pembimbing II : Dr. Nurkhalis S.Ag, S.E, M.A
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fuad Ramadhan
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:23
Last Modified: 27 Jan 2020 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item
TOP