Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMAN 2 Teupah Barat Kabupaten Simeulue

Dodi Harmilan, 140204132 (2019) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMAN 2 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMAN 2 Teupah Barat Kabupaten Simeulue]
Preview
Text (Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor di SMAN 2 Teupah Barat Kabupaten Simeulue)
Dodi Harmilan, 140204132, FTK, PFS, 082166631919.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Teupah Barat Kabupaten Simeulue, diperoleh permasalahan bahwa proses pembelajaran sering berorientasi pada guru dan kurang melibatkan peserta didik. Selain itu guru kurang menerapkan metode yang bervariasi, sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran yang tengah berlangsung. Hal berpengaruh terhadap nilai perseta didik. Akibat dari masalah ini banyak peserta didik mendapatkan nilai ulangan di bawah KKM yaitu < 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor di SMAN 2 Teupah Barat Kabupaten Simeulue dan untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 2 Teupah Barat Kabupaten tahun ajaran 2018/2019 dan sampelnya kelas XI-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh hasil perhitungan thitung 3,85 > ttabel 1,68, sehingga Ha diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diketahui melalui uji regresi. Rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 41,80 %. Hal ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk diterapkan pada pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muliadi Kurdi, M.Ag Pembimbing II : Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Peserta Didik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dodi Harmilan
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:30
Last Modified: 29 Jan 2020 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10877

Actions (login required)

View Item
View Item