Perspektif Masyarakat Terhadap Etika Politik Kampanye Partai Aceh” (Studi Kasus Kampanye Partai Aceh Pasca Pemilu Legislatif 2019 Di Gayo Lues)

Rahmita, 150801012 (2018) Perspektif Masyarakat Terhadap Etika Politik Kampanye Partai Aceh” (Studi Kasus Kampanye Partai Aceh Pasca Pemilu Legislatif 2019 Di Gayo Lues). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Etika Politik)
Rahmita.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kampanye politik seringkali terjadi kecurangan dalam Partai Aceh tahun 2014 pernah melakukan kecurangan yang menyimpang adanya kecurangan berupa janji yang ditawarkan juga mengerahkan massa dari seluruh kabupaten Aceh Satu dimana proses kampanye belum diperbolehkan untuk melaksanakan kampanye pada saat itu, namun yang terjadi Partai Aceh berkonvoi dan mengiringi kampanye dengan membawa ribuan masyarakat dari berbagai daerah, itu sebabnya mereka diberi sanksi tegas dari KIP dan massa kampanye harus berhadapan dengan Polisi pada saat itu. Disinilah peneliti ingin melihat dua rumusan masalah sebagai bahan penelitian yaitu (1) Bagaimana cara kampanye Partai Aceh pasca pemilihan legislatif 2019 di Gayo Lues ? dan (2) Bagaimana perspektif masyarakat terhadap etika politik kampanye Partai Aceh 2019 di Gayo Lues ?. Metode penelitian ini bersifat deskriftif yaitu kualitatif dan peneliti melakukan wawancara dengan orang partai, timses, tokoh adat, dan masyarakat semua berjumlah 16 orang di setiap kampungnya. Dari hasil penelitian dan wawancara menghasilkan kesimpulan bahwa etika politik Partai Aceh dinilai tidak menciderai perpolitikan pada masa kampanye kemaren, karena bisa dilihat dari tanggapan masyarakat beserta orang partai. Mereka sama sekali tidak menciptakan kampanye yang buruk. Selain itu juga 4.200 kader Partai Aceh mampu membangun kerjasama yang baik dengan kader milineal muda sampai dewasa. Itulah yang membuat partai ini dikenal oleh masyarakat Gayo Lues, bahkan bupati juga datang dari kalangan Partai Aceh. Meskipun ada sedikit pencideraan Partai Aceh terhadap kampanye dalam etika perpolitikan yang dilanggar oleh partai yaitu tentang menjanjikan sebuah dana untuk beberapa orang termasuk dana perkebunan yang belum sampai ketangan masyarakat. Namun sejauh ini dari hasil penelitian dan serta tercatat Partai Aceh sudah memiliki kelayakan telah mengikuti kampanye sesuai dengan etika politik yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muhammad, M.Ed; 2. Ade Irma, B. H. Sc., M. A
Uncontrolled Keywords: Retorika Kampanye, Etika Politik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.6 Konflik dan pemecahan konflik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Rahmita Rahmi
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:15
Last Modified: 29 Jan 2020 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10888

Actions (login required)

View Item View Item
TOP