Persepsi Masyarakat Tionghoa Terhadap Keberadaan Partai Lokal Di Aceh Masyarakat Tionghoa Gampong Mulia

Cut Nyak Meuligoe, 150801004 (2020) Persepsi Masyarakat Tionghoa Terhadap Keberadaan Partai Lokal Di Aceh Masyarakat Tionghoa Gampong Mulia. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Tionghoa Terhadap  Keberadaan Partai Lokal Di Aceh Masyarakat Tionghoa Gampong Mulia]
Preview
Text (Persepsi Masyarakat Tionghoa Terhadap Keberadaan Partai Lokal Di Aceh Masyarakat Tionghoa Gampong Mulia)
cut nyak meuligoe. 150801004,fisip, ip,085275914013.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Partai lokal adalah hasil dari perjanjian damai antara pemerintah Indonesia dan masyarakat Aceh, wujud adanya partai lokal ialah untuk dapat menampung aspirasi dari masyarakat lokal agar apresiasinya dapat tersampaikan ke pemerintahan pusat. Indonesia hadir dengan multikultural baik dari segi Budaya, Agama, dan Etnisitas. Aceh merupakan wilayah dengan keistimewaan yang di berikan setelah referendum yaitu dapat membentuk partai lokal yang mana itu merupakan salah satu hasil dari kesepakatan antara pihak pemerintah dan GAM. Sejauh yang di harapkan partai lokal dapat menampung aspirasi tanpa pandang bulu, gampong mulia adalah salah satu gampong kerukunan yang menjadi target peneliti untuk melihat persepsi mereka terhadap partai lokal yang ada di Aceh sendiri. Hipotesa awal penelti adalah peneliti melihat adanya pengaruh yang mana selama ini di ketahui bahwa Gampong Mulia merupakan Gampong kerukunan sehingga peneliti melihat adanya efek kepada pandangan politik lokal, yang akan memicu daya tarik masyarakat Tionghoa akan partai lokal yang di dasari oleh faktor lingkungan yang telah menjadikan masyarakat Tionghoa dan non-Tionghoa hidup berdampingan tanpa pergesekan antar masyarakat sehingga Gampong tersebut di nobatkan sebagai Gampong kerukunan. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menjelaskan Bagaimana persepsi masyarakat Tionghoa terhadap keberadaan partai lokal dan apa saja kontribusi yang seharusnya diterima masyarakat tionghoa dari partai lokal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teori yang digunakan yaitu teori persepsi dan politik identitas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) partai politik lokal merupakan partai yang bagus di buktikan dengan sudah adanya kontribusi yang di dapatkan oleh masyarakat Tionghoa dari pemerintah yang mana kontribusi tersebut untuk kemaslahatan masyarakat Tionghoa dibuktikan dengan adaya kenopi pasar peunayong, di ajak bergabung menjadi kader partai lokal(2) adanya hubungan atau interaksi yang kian membaik antara masyarakat Tionghoa dan masyarakat Aceh di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Phil. Saiful Akmal, MA 2. Aklima, S.Fil, MA,
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat Tionghoa, Politik Identitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Cut Nyak Meuligoe
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:03
Last Modified: 30 Jan 2020 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item
View Item