Partisipasi Politik Etnis Tionghoa Pada Pemilukada Aceh Tahun 2017 (Studi Kasus Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)

Joni Syahputra, 150801072 (2019) Partisipasi Politik Etnis Tionghoa Pada Pemilukada Aceh Tahun 2017 (Studi Kasus Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Partisipasi Politik Etnis Tionghoa Pada Pemilukada Aceh Tahun 2017 (Studi Kasus Di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh))
Joni Syahputra, 150801072. FISIP, IP, 0857629942250.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keberadaan etnis Tionghoa di Kota Banda Aceh khususnya di Kecamatan Kuta Alam, sudah menjadi perhatian bagi politisi atau pasangan calon saat berlaga baik dalam pemilihan legislatif (pileg), pemilihan presiden (pilpres), maupun dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada). Awalnya keberadaan etnis ini kurang mendapat perhatian. Kini, pasca reformasi, etnis Tionghoa sudah memiliki akses dalam politik. Misalnya, mereka dibenarkan terlibat dan berpartisipasi langsung dalam politik seperti hak pilih dan hak terlibat dalam perpolitikan Pemilihan Walikota Kota Banda Aceh. Khususnya di Aceh keterlibatan mereka memiliki batasan-batasan yang tidak boleh dilangkahi, karena Aceh memiliki kekhususan yang diakui oleh negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan partisipasi politik etnis Tionghoa dalam Pemilukada 2017 di Kuta Alam Kota Banda Aceh dan kepentingan politik identitas masyarakat Tionghoa pada Pemilukada 2017 di Kuta Alam Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu, seorang tokoh komunitas Tionghoa, empat orang warga etnis Tionghoa, dua orang tim pemenangan politik pasangan calon, Kepala Desa Peunayong. Kepala Desa Gampong Laksana, seorang pengusaha Tionghoa dan seorang akademisi/pengamat. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bentuk partisipasi politik etnis Tionghoa di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh pada Pemilukada tahun 2017 lalu yaitu mulai dari pemberian suara, saksi pada salah satu pasangan calon, bahkan ada yang menjadi tim sukses pada salah satu pasangan calon Walikota Banda Aceh dan partisipasi politik etnis Tionghoa yang dihitung tingkat Kecamatan Kuta Alam pertisipasinya mencapai 57,32%. Selain itu, politik identitas masyarakat Tionghoa didorong oleh kesadaran politik dan lingkungan masyarakat setempat, namun ada juga yang tidak terpengaruh dikarenakan kesibukan sehari-hari dan sebagian besar kesadaran politik semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Ernita Dewi, S.Ag.,M.Hum 2. Eka Januar, M.Soc.,Sc
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, Etnis Tionghoa dan Pemilukada 2017
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Joni Syahputra
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:33
Last Modified: 30 Jan 2020 08:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item
TOP