Respon Pemustaka terhadap Pemindahan Gedung Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh

Yullyta, 150504039 (2018) Respon Pemustaka terhadap Pemindahan Gedung Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Fasilitas Perpustakaan)
Yullyta, 150504039, FAH, IP, 081263200690.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan masa kini terus berbenah dan berupaya meningkatkan berbagai fungsinya dalam memberikan berbagai layanan dan kenyamanan bagi pemustaka. Berjalannya perpustakaan sangat ditentukan oleh ketersediaan sarana dan prasarana serta daya tariknya. Kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan akan berdampak bagi minat kunjung pengguna. Perpustakaan itu banyak jenis, ada perpustakaan nasional, perustakaan umum ada pula perpustakaan khusus dan lainnya. Dalam konsep umum, perpustakaan merupakan perpustakaan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum, yang diselenggarakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan, agama, adat istiadat, umur, jenis dan lain sebagainya, maka koleksi perpustakaan umum pun terdiri dari beraneka ragam bidang dan pokok masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh termasuk salah satu perpustakaan umum di Aceh yang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan dan pembangunan di bidang perpustakaan dan kearsipan. Dalam melaksanakan tugas tersebut telah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 124 Tahun 2016 tentang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) juga sedang berupaya meningkatkan peran dan fungsinya menjadi lebih baik, sehingga pada tahun 2017 lalu, gedung lama dirobohkan dan kini pelayananya dipindahkan untuk sementara ke gedung pertokoan Peurada Banda Aceh, tidak jauh dengan gedung Kepolisian Daerah Aceh (Polda Aceh), sambil menunggu selesainya pengerjaan pembangunan gedung baru di lokasi semula yaitu di Lamnyong Banda Aceh, yang berada di samping Kantor Pertanahan Nasional Aceh. Berdasarkan permasalahan yang dibahas di atas penulis tertarik untuk membahas masalah “Respon Pemustaka terhadap Pemindahan Gedung Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ruslan, M.LIS; 2. Muhammad Zaini, S.Sos
Uncontrolled Keywords: Pemustaka, Fasilitas Perpustakaan,
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.5 Perpustakaan Pemerintah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > D3 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Yullyta Hasanusi
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:08
Last Modified: 31 Jan 2020 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item
TOP