Pengembangan Aplikasi GISTUM Sebagai Alat Bantu Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Rusmansyah, 150212057 (2020) Pengembangan Aplikasi GISTUM Sebagai Alat Bantu Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengembangan Teknologi Geografis Informasi Sistem]
Preview
Text (Membahas tentang Pengembangan Teknologi Geografis Informasi Sistem)
Rusmansyah, 150212057, FTK, PTI, 085206074579.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 saat ini merupakan bentuk dari hasil perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dalam menciptakan inovasi. Inovasi teknologi yang telah diciptakan salah satunya Application Programming Interface Google maps API pada perangkat lunak sistem informasi geografis. Sistem informasi geografis yang dirancang para pengembang saat ini rata-rata hanya memenuhi kebutuhan sektor industri, pariwisata dan transportasi, sehingga belum dimanfaatkan menyeluruh dirancang untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan pada ilmu biologi kajian botani. Adapun kebutuhan teknologi yang harus terpenuhi dikembangkan untuk mengkaji ilmu tersebut terdapat pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, dikarenakan pada program studi tersebut dalam mempelajari ilmu botani mahasiswanya masih menggunakan studi pustaka buku. Tujuan dikembangkannya teknologi sistem informasi geografis tumbuhan (GISTUM) agar dapat membantu memaksimalkan proses belajar mahasiswa menjadi lebih maksimal dan fleksibel. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini Research and Development (RnD) dengan analisis penilaian penerimaan sistem menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat hipotesis saling berpengaruh positif signifikan dan satu hipotesis tidak berpengaruh positif signifikan, meskipun demikian, hasil implementasi sistem menunjukkan respon persepsi mahasiswa sangat berharap agar sistem GISTUM diberi keputusan untuk diimplementasikan sebagai alat bantu pembelajaran, yang artinya sistem GISTUM yang telah dikembangkan diterima oleh para mahasiswa 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Samsul Kamal, S.Pd., M.Pd. 2. Mira Maisura, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Teknologi, GISTUM, Biologi, Botani
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Mr Rusmansyah Rusman
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:27
Last Modified: 05 Feb 2020 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item
View Item