Pengaruh Sinetron Anak Langit Terhadap Perilaku Anak Di Gampong Neuheun Aceh Besar

M. Iqbal, 211222339 (2019) Pengaruh Sinetron Anak Langit Terhadap Perilaku Anak Di Gampong Neuheun Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Sinetron Anak Langit Terhadap Perilaku Anak Di Gampong Neuheun Aceh Besar)
M. Iqbal, 211222339, FTK. PAI, 085277991630.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masa anak-anak adalah masa yang sangat sensitif terhadap perubahan perilaku. Puncak masa anak-anak biasanya ketika berada pada jenjang pendidikan SMP sederajat. Perubahan perilaku anak tergantung dengan tanggapan mereka terhadap sinetron yang mereka nonton. Dalam penelitian ini pokok permasalahan adalah apakah terdapat pengaruh sinetron anak langit terhadap perkembangan perilaku anak di Gampong Neuheun. Sinetron ini sangat diminati oleh seluruh kalangan dan banyak tayangannya diasumsikan berpengaruh terhadap perubahan perilaku pada anak.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode field reserarch (penelitian lapangan). Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kausal, yakni penulis menyelidiki hubungan sebab akibat diantara variabel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 83 anak sebagai responden yang menonton sinetron anak langit. Penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobality sampling, yaitu purposive sampling. Adapun pengujian instrumen penelitian ini dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji normalitias, regresi linear sederhana, uji parsial (uji t) dan uji korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh sinetron anak langit (X) terhadap perkembangan perilaku anak di Gampong Neuheun. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 yakni 0,000 < 1,348. Korelasi antara variabel X dengan variabel Y tergolong kuat yakni 0,751. Hasil korelasi determinasi menunjukkan pengaruh perilaku anak di Gamping Neuheun setelah menonton sinetron anak langit sebesar 0,564 atau 56,4 % sedangkan sisanya sebesat 43,6 % adalah pengaruh dari luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Chairan M. Nur, M. Ag Pembimbing II : Dr. Muzakir, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Sinetron, Perilaku Anak, Gampong Neuheun
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Iqbal
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:25
Last Modified: 04 Feb 2020 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item View Item
TOP