Partisipasi Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi di Gampong Tantuha Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar)

Erma Wahyuni, 150802043 (2020) Partisipasi Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi di Gampong Tantuha Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Partisipasi Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi di Gampong Tantuha Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar))
Erma Wahyuni, 150802043, FISIP, IAN, 085370063465.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan adalah salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Partisipasi dari masyarakat menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Pajak Bumi dan Bangunan sebagai salah satu pemasukan daerah untuk meningkatkan kebutuhan daerah dan penyediaan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Gampong Tantuha, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat sebagai wajib pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Gampong Tantuha masih kurang, yang disebabkan oleh faktor usia, tingkat pendidikan, kondisi sosial ekonomi sehingga mempengaruhi kesadaran diri masyarakat terhadap pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Oleh karena itu, diharapkan dari pihak petugas pajak maupun wajib pajak dapat bersama-sama meningkatkan kesadaran diri dan dapat lebih sering melakukan sosialisasi terhadap pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Gampong Tantuha, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Sabirin, M.Si 2. Siti Nur Zalikha, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pajak, Partisipasi, Masyarakat, Pajak Bumi dan Bangunan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: S.AP erma wahyuni daud
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:15
Last Modified: 03 Feb 2020 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item
TOP