Hubungan Etika Birokrat dengan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Aceh Besar

Rizqa Maisarah, 150802054 (2020) Hubungan Etika Birokrat dengan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Hubungan Etika Birokrasi dengan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Aceh Besar)
Rizqa Maisarah, 150802054, FISIP, IAN, 081260754823.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik diartikan sebagai kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam upaya memenuhi kebutuhan pelayanan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara atas barang dan jasa, maupun pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik, Pelayanan publik merupakan suatu upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kelancaran tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional sangat dipengaruhi oleh kesempurnaan birokrat. Untuk menjamin tercapainya tujuan pembangunan nasional, diperlukan birokrat yang mengamalkan etika, mempunyai sikap yang baik, netral, mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, profesional dan bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas, etika dalam pelayanan publik diperlukan sebagai bentuk adanya sikap tanggap dari birokrat terhadap kepentingan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan etika birokrat dengan pelayanan pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Aceh Besar. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah 10% dari total populasi yaitu 137 dari 1.370 orang dari jumlah masyarakat/pengguna jasa yang membayar pajak di kantor Samsat Aceh Besar dengan menggunakan metode insidental. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji normalitas residual, uji heteroskedastisitas, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji signifikansi (uji t), dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika birokrat mempunyai hubungan dengan pelayanan Pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Aceh. Dibuktikan dari besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,587. Yang kemudian dijabarkan melalui persamaan Kd = rxy2 x 100%, sehingga didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 34,5%. Yang mengandung arti, adanya nilai sebesar 34,5% yang memiliki keeratan hubungan yang rendah, perubahan pada variabel Pelayanan yang dijelaskan melalui hubungan etika birokrat. Dapat disimpulkan bahwa etika birokrat memiliki hubungan positif dengan pelayanan pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Fakhruddin SE, MM 2. Siti Nur Zalikha, M.Si
Uncontrolled Keywords: etika, birokrat, pelayanan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: S.AP Rizqa Maisarah Firdaus
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:15
Last Modified: 03 Feb 2020 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item
TOP