Optimalisasi Rute Pengangkutan Sampah Zona II Kota Banda Aceh Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Al-Habib Ikrami, 140702022 (2019) Optimalisasi Rute Pengangkutan Sampah Zona II Kota Banda Aceh Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Optimalisasi Rute Pengangkutan Sampah Zona II Kota Banda Aceh Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP))
Al Habib Ikrami, 140702022, SAINTEK, TL, 082299856484.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam yang berbentuk padat dan tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Selama ini persoalan sampah ditimbulkan banyak faktor, misalnya kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal pengelolaan persampahan secara umum. Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh (DLHK3) Berperan dalam pengelolaan sampah seperti pengangkutan sampah. Dalam proses pengangkutan, ada beberapa masalah yang mungkin timbul sampah yang tinggi, bila kurang diperhitungkan sebagai prioritas pengangkutan maka akan berakibat menumpuknya sampah yang berpotensi menjadi pencemar lingkungan, mengurangi keindahan, menimbulkan bau, menjadi sarang penyakit. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan optimalisasi rute pengangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan persampahan di zona 2 (dua) kawasan Kota Banda Aceh, mengetahui pola pengangkutan sampah yang selama ini dilakukan dan Membuat rute optimal yang memprioritaskan pengangkutan sampah di wilayah yang memilik timbulan sampah yang tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan identifikasi masalah kemudian mengumpulkan data yang akan digunakan untuk merancang skenario rute pengangkutan sampah dan kemudian mengavaluasi rute tersebut dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dari seluruh rute di zona II terdapat 8 rute yang belum optimal, sehingga perlu dilakukan optimalisasi rute dengan menggunakan metode AHP. Sehingga menghasilkan rute baru yang memprioritaskan timbulan dan jarak yang lebih pendek dari rute eksisting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Aulia Rohendi, S.T. M.Sc., 2. Adian Aristia Anas, S.T. M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Sampah, Optimalisasi, AHP, Rute.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.153 Lingkungan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya > 363.7 Masalah lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Al-Habib Ikrami
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:45
Last Modified: 05 Feb 2020 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10926

Actions (login required)

View Item View Item
TOP