Identifikasi dan Uji Sensitivitas Antibiotik Terhadap Bakteri Coliform yang Terdapat pada Mie Basah di Pasar Peunayong Kota Banda Aceh

Nurfadhilah, 140703035 (2019) Identifikasi dan Uji Sensitivitas Antibiotik Terhadap Bakteri Coliform yang Terdapat pada Mie Basah di Pasar Peunayong Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Uji Sensitivitas Antibiotik]
Preview
Text (Membahas tentang Uji Sensitivitas Antibiotik)
Nurfadhilah, 140703035, FST, BIO, 081375728224.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Mie merupakan salah satu produk pangan yang sangat populer di Asia Khususnya di Asia Timur dan Asia Tenggara. Mie basah adalah jenis mie yang mengalami proses perebusan setelah pemotongan dan sebelum mie dipasarkan. Jenis mie ada empat macam, yaitu mie segar, mie basah, mie kering, dan mie instan. Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya dan mengetahui sensitivitas antibiotik terhadap coliform khususnya bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. yang merupakan bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan. Sampel ini di ambil dari 3 penjual mie basah yang terdapat di Pasar Peunayong Kota Banda Aceh. Variabel dalam penelitian ini adalah bakteri coliform yang terdapat pada mie basah. Pengumpulan data diperoleh dengan mengidentifikasi dan menguji sensitivitas antibiotik pada mie basah. Metode yag digunakan untuk menguji bakteri coliform adalah metode MPN menggunakan seri tabung 3-3-3, dan memiliki tiga tahap pengujian yaitu uji penduga meenggunakan media Lauryl Tryptose Broth (LTB), uji penguat menggunakan media Briliant Green Lactose Broth (BGLB) dan uji pelengkap menggunakan Eosin Methylene Blue Agar (EMBA). Uji Salmonella sp. menggunakan media selektif (SSA), dan uji senstivitas antibiotik menggunakan metode Kirby Bouer dengan menggunakan media Mueller Hinton Agar (MHA) dan menggunakan standar McFarLand. Antibiotik yang digunakan adalah Amoxicillin, Gentamicin dan Ciprofloxacin. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa, sampel A dan B tidak terdeteksi bakteri coliform, sedangkan sampel C terdeteksi bakteri coliform nonfekal, karena koloni bakteri yang terbentuk pada media EMBA berwarna pink, sedangkan bakteri Escherichia coli yang tumbuh pada media EMBA berwarna hijau metalik dengan kilat logam. Bakteri Salmonella sp. tidak terdeteksi bakteri. Untuk uji sensitivitas antibiotik semua antibiotik sensitif terhadap bakteri coliform dengan diameter zona bening Amoxicillin 14,5mm, Gentamicin 15,5mm dan Ciprofloxacin 22,5mm berdasarkan tabel Clinical and Laboratory Standar Institute (CLSI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pembimbing I : Dr. Lenni Fitri, S.Si., MP Pembimbing II : Feizia Huslina, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Mie Basah, Coliform, Sensitivitas Antibiotik
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Miss Nurfadhilah Fadhilah
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:29
Last Modified: 04 Feb 2020 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item
View Item