Implementasi Khiyâr Ta’yīn Dalam Transaksi Sparepart Mobil di Jl. Twk Daod Syah Peunayong Dalam Perspektif Hukum Islam

Rifqan Hadi, 140102166 (2019) Implementasi Khiyâr Ta’yīn Dalam Transaksi Sparepart Mobil di Jl. Twk Daod Syah Peunayong Dalam Perspektif Hukum Islam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Khiyâr Ta’yīn Dalam Transaksi Sparepart Mobil di Jl. Twk Daod Syah Peunayong Dalam Perspektif Hukum Islam]
Preview
Text (Implementasi Khiyâr Ta’yīn Dalam Transaksi Sparepart Mobil di Jl. Twk Daod Syah Peunayong Dalam Perspektif Hukum Islam)
Rifqan Hadi, 140102166, FSH, HES, 085280470323.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya transaksi jual beli dilakukan atas dasar simbiosis mutualisme namun kadang kala jalinan tersebut tidak berjalan secara linier karena tersembunyi unsur penipuan baik dalam bentuk tadlis maupun gharar. Untuk memperoteksi para pihak dari perbuatan curang tersebut dibutuhkan suatu upaya hukum yang dinamai dengan khiyār yang memiliki banyak variannya, di antaranya adalah khiyār ta’yīn. Pada praktek yang terjadi di toko sparepart mobil di Jln.Twk Daod Syah Terkadang komsumen harus membayar lebih mahal dari kualitas barang yang didapat,sehingga konsumen merasa dirugikan dari harga yang telah ia keluarkan. Seharusnya konsumen membayar harga yang sesuai dengan barang yang diterima, dengan demikian penulis ingin mengetahui tentang tinjauan hukum Islam terhadap implementasi khiyâr ta’yīn pada transaksi jual beli sparepart mobil di kecamatan Kuta Alam. Permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penjelasan spesifikasi dan kualitas spare part mobil pada transaksi jual beli onderdil di pusat penjualan Jl. TWK Daod Syah Peunayong? (2) Bagaimana pihak pembeli memastikan kualitas spare part yang beredar di pasaran Jl. TWK Daod Syah Peunayong? (3) Bagaimana tinjauan konsep khiyār ta’yīn terhadap transaksi jual beli spare part yang dilakukan pedagang dan konsumen di pusat penjualan onderdil di Jl. TWK Daod Syah Peunayong?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi dan kuisioner dengan melibatkan responden yang telah ditetapkan oleh peneliti. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan melihat kembali hasil wawancara yang telah dikumpulkan, lalu melakukan pengolahan data melalui proses penyuntingan. penulis menyimpulkan bahwa khiyâr ta’yīn yang diimplementasikan oleh penjual pada toko sparepart mobil di kecamatan Kuta Alam belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam. Dikarenakan masih terdapat ketidakadilan terhadap pembeli yang tidak mengetahui mengenai barang ingin dibelinya, informasi yang diberikan oleh sebagian penjual sering bertolak belakang dengan fakta sebenarnya dari barang yang dibeli, sehingga hal inilah yang menimbulkan kekecewaan pembeli. Adapun kategori syarat khiyâr ta’yīn yaitu memilih salah satu dari 3 jenis barang yang akan dibeli, jenis barang yang akan dipilih harus memiliki perbedaan harga dari jenis yang lainnya dan harganya pun harus diketahui secara pasti, dan batas waktu khiyâr ta’yīn dibatasi yaitu sama dengan waktu khiyâr syarat yang dibatasi paling lama 3 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Maulana, M.Ag Pembimbing II : Dr. Analiansyah, S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Khiyar Ta’yin, Transaksi SparePart
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rifqan Hadi
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:20
Last Modified: 04 Feb 2020 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item
View Item