Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqh Di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan

Kiki Agus Kurniawan, 211222347 (2019) Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqh Di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqh Di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan]
Preview
Text (Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqh Di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan)
Kiki Agus Kurniawan, 211222347, FTK, PAI, 085206066122.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kajian ini didasari permasalahan motivasi belajar siswa di SMA N 1 Kluet Utara yang belum baik, yang salah satu faktornya ialah metode pembelajaran yang selama ini hanya bersifat konvensional seperti ceramah dan diskusi sehingga siswa merasa bosan dan minat belajarnya berkurang. Oleh karena itu kajian ini berjudul “Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqh di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan. Permasalahan yang diangkat ialah bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran Fiqh di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan dan pengaruh metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa pada materi fiqh di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran Fiqh di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan dan pengaruh metode kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa pada materi fiqh di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian ini terdiri dari guru Fiqh dan 20 orang siswa. Prosedur Teknik pengumpulan data dilakukan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran Fiqh dengan menggunakan metode kerja kelompok di SMA N 1 Kluet Utara tergolong baik, karena seluruh langkah pembelajaran kerja kelompok sebanyak 9 langkah dilakukan seluruhnya oleh guru. Dari 9 langkah 100% diterapkan oleh guru mata pelajaran Fiqh. Penerapan metode kerja kelompok mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqh. Hal ini ditandai dari 20 orang siswa yang menjadi sample terdapat 3 siswa dengan kategori motivasi tinggi, 13 siswa dengan kategori motivasi sedang, dan hanya 4 orang dengan kategori tingkat motivasi rendah. Kesimpulan bahwa metode kerja kelompok mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husnizar, S.Ag., MA Pembimbing II : Mashuri, S. Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Metode Kerja Kelompok, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kiki Agus Kurniawan
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:27
Last Modified: 04 Feb 2020 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10936

Actions (login required)

View Item
View Item