Sistem Bagi Hasil Pada PT. Mahara Transportasi Group Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah

T. Irvan Aulia, 140102190 (2019) Sistem Bagi Hasil Pada PT. Mahara Transportasi Group Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Bagi Hasil Pada PT. Mahara Transportasi Group Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah]
Preview
Text (Sistem Bagi Hasil Pada PT. Mahara Transportasi Group Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah)
T. Irvan Aulia, 140102190, FSH, HES, 081262976369.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. Mahara Transportasi merupakan salah satu perusahaan transportasi yang ada di Banda Aceh, dimana perusahaan ini memiliki tiga kategori produk yaitu antar-jemput anak sekolah, taksi offline, dan taksi online. Permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana sistem pembagian keuntungan dan pengelolaan risiko kerugian yang diterapkan pada perusahaan PT. Mahara Transportasi Group? (2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap penerapan bagi hasil pada perusahaan PT. Mahara Transportasi Group? Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Metode analisis adalah deskriptif analisis, yang meneliti keadaan dan kondisi pada saat sekarang berdasarkan data yang berupa kata-kata yang disusun dalam bentuk cerita. Pengumpulan data primer berupa data lapangan (field research). Pengumpulan data primer melalui tanya jawab lisan yang dilakukan secara guinden dengan perusahaan PT. Mahara Transportasi Group. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik sistem bagi hasil pada PT. Mahara Transportasi Group, walaupun diawal perjanjian tidak menyebutkan istilah akad yang digunakan, akan tetapi sistem bagi hasil yang diterapkan sesuai dengan hukum ekonomi syari’ah, baik antara sopir antar-jemput anak sekolah dengan perusahaan, antara sopir taksi offline dengan perusahaan, antara sopir taksi online dengan perusahaan, dan maupun antara Pengelola dengan pemilik perusahaan. yaitu antara pengelola dengan pemilik perusahaan, sopir antar-jemput anak sekolah, dan sopir taksi offline merupakan bentuk ‘aqad muḍārabah. Sedangkan, bagi hasil antara sopir taksi online dan perusahaan bentuk kerjasama dengan menggunakan ‘aqad Musyārakah yaitu syirkah al-‘inan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Khairuddin, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Dr. Badrul Munir, Lc. MA
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil, ‘Aqad Muḍārabah, ‘Aqad Musyārakah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.242 Mudharabah (Bagi Hasil/Sirkah Modal dan Tenaga)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: T. Irvan Aulia
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:43
Last Modified: 04 Feb 2020 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10938

Actions (login required)

View Item
View Item