Kreativitas Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Pojok Baca di SMAN 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh

Sinta Zakiya, 150206042 (2019) Kreativitas Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Pojok Baca di SMAN 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kreativitas Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Pojok Baca di SMAN 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh]
Preview
Text (Kreativitas Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Pojok Baca di SMAN 10 Fajar Harapan (Farhan) Banda Aceh)
Sinta Zakiya, 150206042, FTK, MPI, 082360002618.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program pojok baca dilakukan untuk meningkatkan mutu guru dan siswa, melalui sarana ini jika dikelola secara manajemen yang baik bukan tidak mungkin akan memberikan dampak positif bagi siswa SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dalam memotivasi kegiatan belajar menuju siswa yang berprestasi. Adapun permasalahan dalam penulisan ini ialah tingkat minat baca siswa saat ini sangat rendah pada era saat ini, dimana sekitar 431 siswa di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh kurang lebih hanya 50 orang dengan persentase 8,6% setiap hari memanfaatkan pojok baca di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kreativitas guru dan siswa dalam pengelolaan pojok baca, dampak kegiatan literasi serta tanggapan dan harapan dalam pojok baca. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi berulang-ulang dan teknik wawancara serta teknik dokumentasi untuk menggali hasil yang optimal dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian: (1) Kreativitas guru dan siswa dalam pengelolaan pojok baca di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh terlihat pada ketersediaan sarana prasarana pojok baca. Pengelolaan pojok baca dilakukan dengan perencanaan yang baik, kemudian adanya pelaksanaan dan terakhir baru dilakukan evaluasi. Kegiatan pojok di sekolah ini merupakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanakan oleh Pemerintah. (2) Dampak pojok literasi pada kemampuan siswa di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh ialah meningkatkan kemampuan literasi siswa. Selain itu, dengan adanya pojok baca membuka wawasan dan pengetahuan siswa. Dari kegiatan pojok baca ini juga mampu meningkatkan mutu sekolah dimana para siswa mengembangkan diri mereka dengan meraih prestasi melalui berbagai event dan lomba yang diadakan dari pihak sekolah maupun luar sekolah. (3) Tanggapan guru dan siswa SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh terhadap kegiatan pojok baca diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa dan dengan terpilihnya SMAN 10 Farhan Banda Aceh ini juga semoga mampu mendorong sekolah-sekolah lainnya untuk menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada era globalisasi saat ini. Kreativitas guru dan siswa pada pengelolaan pojok baca yang baik dapat meningkatkan mutu sekolah dimana berdampak baik terhadap minat baca siswa. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai model pengelolaan pojok baca pada lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Basidin Mizal, M.Pd Pembimbing II : Lailatussa’dah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pengelolaan, Pojok Baca
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sinta Zakiya
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:16
Last Modified: 04 Feb 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item
View Item