Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP

Wira Afrianti. CH, 140205031 (2019) Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Eliciting Activities Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Pengaruh Model Eliciting Activities Terhadap Hasil Belajar)
Wira Afrianti, CH, 140205031, FTK, PMA, 081317404932.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Salah satu faktor tersebut adalah kecenderungan guru lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan siswa. Akibatnya siswa fasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu salah satu model pembelajaran yang kiranya dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika dikelasdan sintak Model Eliciting Activities (MEAs) juga terdapat aktivitas siswa yang mampu mengiditifikasi dan menyederhanakan situasi masalah ke dalam hipotesis untuk mempermudah siswa untuk membangun model matematis sehingga siswa dapat menyelesaikan model yang telah mereka dapatkan terutama pada materi operasi himpunan adalah dengan Model Eliciting Activities (MEAs). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model Eliciting Activities (MEAs) dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Teunom. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Teunom dan sampel diambil secara random sampling yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik yang sebelumnya dilakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data. Berdasarkan uji dua pihak (uji-t) diperoleh bahwa thitung >ttabel yaitu 2,87 >1,675 sehingga H0 ditolak dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi operasi himpunan yang diajarkan dengan Model Eliciting Activities (MEAs) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 80,90 dan rata-rata kelas control adalah 74,86

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M. Pd 2. Muhammad Yani, S. Pd. I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Eliciting Activities (MEAs) ,Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wira Afrianti. CH
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:38
Last Modified: 23 Dec 2020 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item
View Item