Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMA Inshafuddin Banda Aceh

Cut Roza Maizaliani, 150204021 (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMA Inshafuddin Banda Aceh]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMA Inshafuddin Banda Aceh)
Cut Roza Maizaliani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan minat peserta didik di SMA Inshafuddin Banda Aceh dalam proses pembelajaran fisika. Penyebabnya karena minimnya bahan belajar yang digunakan, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis POE agar peserta didik dapat mengikuti dan memahami proses pembelajaran fisika dengan mudah dan tertarik dengan menerapkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis POE yang dikembangkan, (2) mengetahui respon guru dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis POE yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket guru, dan angket peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 88,10%, hal ini berarti bahwa LKPD berbasis POE dapat digunakan dengan kriteria sangat layak, (2) persentase yang diperoleh dari respon guru sebesar 51,23% tertarik, (3) Sedangkan persentase respon peserta didik sebesar 52,66% tertarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis POE Predict, Observe, Explain (POE) yang dikembangkan dapat digunakan di SMA Inshafuddin Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M. Pd., Ph.D Pembimbing II : Fera Annisa, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Predict, Observe, …Explain (POE)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Roza Maizaliani
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:15
Last Modified: 05 Feb 2020 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item
View Item