Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Open Ended pada Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Baru

Nazarullah, 261121439 (2016) Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Open Ended pada Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Baru. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang kemampuan representasi matematis siswa.)
Nazarullah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas terkadang kurang mengajak siswa untuk berpikir memecahkan masalah sehingga kemampuan representasi matematis siswa rendah. Pendekatan Open Ended dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam melatih menemukan solusi dari suatu masalah. Salah satu pengembangan kemampuan berpikir matematika siswa adalah melalui pendekatan pembelajaran Open Ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open Ended, dan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran Open Ended lebih baik daripada pendekatan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa SMP Negeri 1 Bandar Baru, dan sampel yang diambil yaitu siswa kelas VII-4 dan kelas VII-5 yang masing-masing berjumlah 23 siswa dan 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan wawancara. Data tes dianalisis dengan menggunakan persentase dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, persentase kemampuan representasi siswa dengan pembelajaran Open Ended tergolong tinggi. Pada setiap indikator, kemampuan representasi matematis visual dan simbolik tergolong tinggi, sedangkan verbal tergolong sedang. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan 0,5 dengan derajat kebebasan 43 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,44 > 1,68, menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open Ended lebih baik daripada pembelajaran yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa selama pembelajaran adalah efektif. Hasil wawancara menunjukkan siswa memberikan respon positif terhadap pendekatan pembelajaran Open Ended.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd; NIP. 197105152003121005; 2. Cut Intan Salasiyah, M.Pd; NIP. 197903262006042026
Uncontrolled Keywords: Open Ended, Representasi Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:26
Last Modified: 09 Oct 2017 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item
TOP