Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Menggambar Teknik Di SMK Negeri 4 Banda Aceh

Mouliza Astari, 150211048 (2019) Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Menggambar Teknik Di SMK Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Menggambar Teknik Di SMK Negeri 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Menggambar Teknik Di SMK Negeri 4 Banda Aceh)
Mouliza Astari, 150211048, PTE, FTK, 089674238943.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMK Negeri 4 Banda Aceh pada pelajaran Menggambar Teknik diperoleh sebagian besar siswa kurang memiliki semangat dan minat untuk belajar, hal itu berdampak pada nilai siswa-siswa tersebut. Hal ini terjadi salah satunya karena penggunaan metode dan model pembelajaran yang masih berorientasi pada guru (teacher centered), yaitu guru memberikan dan siswa hanya menerima yang diberikan guru yang mengakibatkan banyak siswa di kelas menjadi pasif dan lama kelamaan mereka merasa jenuh dan bosan karena kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga minat belajar menjadi kurang yang berdampak pada hasil belajar siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana hasil belajar siswa terhadap penerapan Model Make a Match pada mata pelajaran Menggambar Teknik di SMKN 4 Banda Aceh? bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran Make a Match pada pelajaran Menggambar Teknik di SMKN 4 Banda Aceh? penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimen analisis data kuantitatif, data hasil penelitian dikumpulkan melalui lembar tes dan lembar kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain one group pretest and posttest. Hasil penelitian ditemukan rata-rata nilai pretest peserta didik adalah 31,11 dan rata-rata nilai posttest adalah 68,89. Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Menggambar Teknik di SMKN 4 Banda Aceh menggunakan model pembelajaran Make a Match. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran Make a Match pada pelajaran Menggambar Teknik baik, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat respon peserta didik terhadap pernyataan positif kuesioner semuanya di atas 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi S.Ag.,M.Pd Pembimbing II : Malahayati M.T
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Mouliza Astari
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:08
Last Modified: 06 Feb 2020 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item
View Item