Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada

Mira Miranda, 150204007 (2019) Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada]
Preview
Text (Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada)
Mira Miranda, 150204007, FTK, PFS, 082360149316.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Evaluasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur proses belajar mengajar peserta didik. Soal ujian yang digunakan sebagai alat ukur harus mampu memberikan informasi yang akurat terharap kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Fisika Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada yang ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh/Distractor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Unggul Harapan Persada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 58 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah soal ujian semester genap Mata pelajaran fisika kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Unggul Harapan Persada yang terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk memperoleh data berupa soal ujian, kunci jawaban, lembaran jawaban siswa, dan daftar nama siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal sudah berkualitas baik dengan rincian: (1) Terdapat 8 butir soal valid (53,3%) dan tidak valid 7 butir soal (46,7%) (2). Soal memiliki reliabilitas rendah yaitu 0,30. (3) Berdasarkan tingkat kesukaran,dikategorikan sedang sebanyak 12 soal (80%) dan sebanyak 3 soal (20%) soal mudah (4) Berdasarkan daya pembeda, terdapat 6 butir soal jelek (40%), 7 butir soal (46,7%) cukup dan 2 butir soal (13,3%) baik. (5) Berdasarkan keefektifan penggunaan distractor, butir soal yang berfungsi sangat baik 4 butir soal (26,7%), berfungsi baik 8 butir soal (53,3%), berfungsi cukup baik 2 butir soal (13,3%), dan berfungsi kurang baik 1 butir soal (6,7%). (6) Berdasarkan kualitas butir soal, kualitas sangat baik 5 butir soal (33,3%), kualitas baik 5 butir soal (33,3%) kualitas cukup 4 butir soal (26,7%), dan kualitas sangat tidak baik 1 soal (6,7%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Soewarno S., M.Si. Pembimbing II : Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Pengecoh (Distraktor)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mira Miranda
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:41
Last Modified: 06 Feb 2020 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item
View Item