Efektivitas Pemanfaatan Media LCD Proyektor Pada Pembelajaran Fisika Di MAN 3 Bireuen

Gunawan, 150204014 (2020) Efektivitas Pemanfaatan Media LCD Proyektor Pada Pembelajaran Fisika Di MAN 3 Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Media LCD Proyektor Pada Pembelajaran Fisika Di MAN 3 Bireuen]
Preview
Text (Efektivitas Pemanfaatan Media LCD Proyektor Pada Pembelajaran Fisika Di MAN 3 Bireuen)
Gunawan, 150204014, FTK, PFS, 081262034159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan keaktifan peserta didik masih rendah pada pelajaran Fisika khususnya materi Elastisitas dan Hukum Hooke, hal ini disebabkan karena pendidik kurang menggunakan media pembelajaran pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berupa LCD proyektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan LCD proyektor pada pembelajaran Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Eksperimen dengan desain One-Group-Pretest-Posttest, yang melibatkan kelas XI IPA -2 yang berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi yang terdiri dari indikator keaktifan peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan hasil observasi dianalisis dengan menggunakan analisa deskriptif (persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LCD proyektor efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dengan hasil observasi peserta didik, bahwa keaktifan peserta didik mencapai KKM dan meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata observasi peserta didik, yaitu pada pretest nilai rata-rata peserta didik 61,73 dan pada posttest meningkat menjadi 80,35. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada posttest sudah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 80,17 lebih tinggi dibandingkan dengan pretest dengan nilai rata-rata 57,24. Berdasarkan paparan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa media LCD proyekor ini efektif atau telah berhasil sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan, yaitu keaktifan dan hasil belajar peserta didik mencapai KKM dan meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd Pembimbing II : Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media LCD Proyektor, Pembelajaran Fisika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 07 Feb 2020 02:13
Last Modified: 07 Feb 2020 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item
View Item