Hubungan Pola Pengasuhan Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya

Yulia Indriani, 150901026 (2020) Hubungan Pola Pengasuhan Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Pola Pengasuhan Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya]
Preview
Text (Hubungan Pola Pengasuhan Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya)
Yulia Indriani, 150901026, PSI, PSI, 081265214962.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya semua orang dilahirkan sama derajatnya dengan jiwa bersih dan tanpa dosa, perilaku dan pengaruh lingkungan lah yang membuat orang itu berbeda-beda. Remaja akan berkembang sesuai yang diharapkan oleh lingkungan budayanya, kepribadiannya dibentuk oleh gagasan-gagasan, kepercayaan-kepercayaan, nilai-nilai, dan norma-norma yang diajarkan atau biasanya disebut dengan pola pengasuhan orangtua. Pola asuh orangtua yang akan mempengaruhi matangnya emosi pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola pengasuhan dengan kematangan emosi pada remaja di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 326 orang. Adapun karakteristik sampel dalam penelitian ini adalah remaja berusia 10-18 tahun, memiliki ibu yang bekerja, tinggal di Kecamatan Bandar Dua, dan bersedia menjadi responden. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala Pola Pengasuhan dan Skala Kematangan Emosi. Analisis data menggunakan korelasi Pearson product moment menunjukkan r = 0,232 p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola pengasuhan dan kematangan emosi pada remaja di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, dimana semakin baik pola pengasuhan maka semakin baik kematangan emosi pada remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Fitriani, S.Ag., M.Ag 2. Fatmawati, S.Psi., B. Psych(Hons), M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pola Pengasuhan, Kematangan Emosi, Remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Yulia Indriani
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:29
Last Modified: 13 Feb 2020 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item
View Item