Analisis Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Aparatur Pemerintah Desa (Di Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)

Muhammad Kamal, 150802077 (2019) Analisis Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Aparatur Pemerintah Desa (Di Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Analisis Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Aparatur Pemerintah Desa (Di Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh))
Muhammad Kamal,150802077,FISIP,IAN,082317787996.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis Kepemimpinan Kepala Desa, sebagaimana argumentasi awal dalam penelitian ini, bahwa perangkat desa dan kepala desa merupakan basis pelayanan masyarakat terendah. Tinggi rendahnya kualitas pelayanan yang diberikan bukan hanya tergantung pada kinerja para perangkat desa saja selaku bawahan, tetapi juga pemimpinnya. Kepemimpinan seseorang akan menentukan maju atau mundurnya dan hidup atau mati organisasi yang dipimpinnya. Pemerintahan desa seperti halnya pemerintah pusat dan daerah, dituntut untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dan mampu menjawab tuntutan yang makin tinggi dari masyarakat, baik dari kualitas maupun dari segi kuantitasnya. Mengingat pentingnya kepemimpinan sebagai faktor penentu dalam sukses atau gagalnya suatu organisasi dan usaha, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan produktivitas kinerja Aparatur dan bagaimana hubungan kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan produktivitas kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Dengan jenis penelitian kualitatif, informan penelitian adalah Keuchik dan Aparat Gampong Lamgugob, pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Keuchik Gampong Lamgugob menerapkan beberapa pendekatan seperti pendekatan demokratis, dengan adanya pendekatan tersebut memudahkan pemimpin dalam mengembangkan tanggung jawab seperti melibatkan pegawai dalam pengambilan keputusan, namun tidak hanya itu keuchik juga menerapkan pendekatan kepemimpinan yang lain seperti kepemimpinan laisses faire (free reign) dan karismatik. Kemudian diperkuat dengan adanya beberapa faktor seperti personal factor, team factor dan leadership factor, dan yang paling dominan dari ketiga faktor tersebut adalah leadership factor karena dengan adanya pemimpin maka ada yang memberi dorongan, masukan dan bimbingan kepada bawahan atau pegawai dalam bekerja.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Produktivitas Kerja dan Pemerintah Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Produktivitas Kerja dan Pemerintah Desa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhammad Kamal
Date Deposited: 14 Feb 2020 03:11
Last Modified: 14 Feb 2020 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item
TOP