Pengaruh Mutasi Pegawai Terhadap Kinerja Pada Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues

Dara Sinta, 150802113 (2020) Pengaruh Mutasi Pegawai Terhadap Kinerja Pada Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Mutasi Pegawai Terhadap Kinerja Pada Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues]
Preview
Text (Pengaruh Mutasi Pegawai Terhadap Kinerja Pada Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues)
Dara Sinta, 150802113, FISIP, IAN, 082321626327.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mutasi pegawai merupakan salah satu strategi pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja pegawai yang bersangkutan agar mengalami penyegaran dan terhindar dari rasa jenuh terhadap pekerjaan yang monoton. Namun mutasi pegawai sering dianggap sebagai suatu hukuman karena telah melakukan kesalahan dalam pekerjaan. Disisi lain, bagi pegawai yang merasa jenuh dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya mutasi dianggap sebagai suatu keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan pengaruh mutasi pegawai terhadap kinerja pada Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues. Sampel yang digunakan sebanyak 20 pegawai dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan aplikasi SPSS 17 for Windows. Hasil analisis regresi linier sederhana diketahui nilai koefisien regresi X bernilai positif sebesar 0,380, artinya terdapat hubungan yang positif antara Y dan X. Dalam pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 5,447 nilai tersebut lebih besar dibandingkan nilai ttabel yakni 2,101, sehingga H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel mutasi pegawai dan variabel kinerja. Nilai R Square dalam analisis koefisien determinasi adalah sebesar 0,812. Nilai tersebut menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel mutasi pegawai terhadap variabel kinerja sebesar 81,2%. Sedangkan sisanya sebesar 18,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil beberapa analisis tersebut maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah mutasi pegawai berpengaruh terhadap kinerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Said Amirul Kamar, MM, M.Si. 2. Siti Nur Zalikha, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mutasi Pegawai, Kinerja, Dinas Syariat Islam
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Dara Sinta
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:20
Last Modified: 13 Feb 2020 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item
View Item