Penerapan Pembacaan Al-QurʼĀn Dengan QirāʼĀt SabʻAh Pada Maahad Tahfiz Negeri Pahang - Malaysia

Ainul Mardhiah Binti Ahmad Shobri, 160303111 (2019) Penerapan Pembacaan Al-QurʼĀn Dengan QirāʼĀt SabʻAh Pada Maahad Tahfiz Negeri Pahang - Malaysia. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Pembacaan Al-QurʼĀn Dengan QirāʼĀt SabʻAh Pada Maahad Tahfiz Negeri Pahang - Malaysia)
Ainul Mardhiah Binti Ahmad Shobri, 160303111, FUF, IAT, +60134393208.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah yang penulis dapati dalam kajian ini adalah bagaimana mahasiswa di Maahad Tahfiz Negeri Pahang, khususnya mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu Qirāʼāt mengekalkan prestasi nilai A dan B bagi matakuliah Qirāʼāt Sabʻah, sedangkan matakuliah ini sering dianggap sukar oleh kebanyakan orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode yang telah diterapkan oleh dosen dalam pembacaan al-Qurʼān dengan Qirāʼāt Sabʻah pada mahasiswa di Maahad Tahfiz Negeri Pahang (MTNP) serta faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pembelajaran ilmu Qirāʼāt Sabʻah di MTNP.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sumber data primer adalah dosen dan mahasiswa di MTNP, sedangkan yang menjadi sumber sekunder diperoleh dari berbagai literatur, kamus, karya tulis, buku, dan beberapa sumber lainnya yang berkenaan dengan Qirāʼāt Sabʻah.
Hasil dari temuan penelitian ini, penulis mendapati dosen menerapkan tiga metode dalam pembelajaran pembacaaan al-Qurʼān dengan Qirāʼāt Sabʻah pada mahasiswa MTNP adalah metode sorongan, metode wetonan dan metode ceramah. Faktor penghambat diantaranya keterbatasan waktu yang tidak memiliki kompetensi yang cukup. Faktor pendukung diantaranya adalah kesungguhan dari mahasiswa yang tinggi dalam mempelajari bacaan setiap imam Qirāʼāt Sabʻah sehingga mengekalkan prestasi nilai A dan B dalam ujian dan sering mendapat rangking institusi terbaik di bawah Darul Quran, JAKIM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Agusni Yahya, MA Pembimbing II : Dr. Nurkhalis, S.Ag., SE., M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ainul Mardhiah Binti Ahmad Shobri
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:21
Last Modified: 13 Feb 2020 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item
TOP